Mengenal Lebih Dekat Pulau Cendrawasih :Papua


Berbicara tentang papua, pasti langsung terbesit Raja Ampat, terutama bagi yang suka travel dan tour. Raja Ampat memang memiliki kenangan tersendiri bagi yang sudah pergi kesana. Namun, destinasi hijau di tanah Papua tidak hanya Raja Ampat yang menjadi kewajiban para traveller untuk dikunjungi. 
Raja Ampat, Papua
Sumber: worldnomads.com

Beberapa spot juga tak kalah menarik, bahkan sudah menjadi pembicaraan dan tujuan wisatawan domestik maupun internasional. Selain itu, kekayaan budaya dan tradisi yang masih melekat kuat bagi mereka [penduduk lokal] adalah upaya yang dilakukan untuk melestarikannya.

Papua Memperkaya Keragaman Indonesia

Papua Mermperkaya Keragaman Indonesia
Sumber: qureta.com

Ketika ditanya tempat mana yang akan saya kunjungi, mungkin saya akan menjawab, semua pulau papua, mulai dari cagar alam, hutan lindung, satwa, dan tempat wisata alam lainnya. Maklum, saya adalah pecinta alam yang tinggal juga dekat dengan daerah perbukitan dan daerah pantai. Ya, diapit oleh keduanya. Selain wisata alamnya, rugi sekali kalau kita tidak mengetahui khas dari Papua seperti makanan khas, suku dan adat istiadat yang ada disana.

Danau Sentani, 
Menjejakan Kaki di Danau Terluas Papua

Merupakan salah satu danau terindah di kota Jayapura. Terletak di lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops. Luasnya mencapai 9.360 hektare dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Terdapat 30 spesies ikan air tawar, dan yang terbesar adalah hiu gergaji. Besarnya bisa mencapai 6,6 meter. Selain terdapat ikan, Danau Sentani juga dikelilingi oleh 22 pulau kecil  dan bukit teletubbies dengan khas rerumputan yang luas. Disamping itu juga terdapat pohon matoa yang buahnya merupakan buah khas Papua, pohon pinang dan pohon kayu putih.

Danau Sentani Keindahan 22 Pulau yang Mengagumkan - Papua

Danau sentani dan bukit teletubbies
create: ksmtour

Selain itu, diantara pulau tersebut yakni Pulau Asei yang dikenal karena cerita para leluhur mereka. Bentuk pulaunya menyerupai bagian tubuh nagaPenduduk lokal meyakininya bahwa mereka adalah keturunan leluhur yang menunggangi naga tersebut. Selain itu terdapat lukisan kayu yang merupakan khas dari Pulau ini. Kerajinan yang sudah terkenal di Indonesia hingga mancanegara.

Pulau Asei Papua

Pulau Asei di tengah Danau Sentani, Papua
Create : ksmtour.com 

Danau sentani juga merupakan tempat perayaan festival danau sentani yang rutin diadakan setiap tahunnya pada bulan Juni. Mengapa bulan juni? Menurut mereka bulan Juni adalah bulan yang baik untuk mengadakan perayaan festival. Acara ini dihadiri oleh 16 subsuku di wilayah tabi. Selain itu, dalam perayaan festival juga ini diisi dengan tarian adat di atas perahu, tarian perang khas papua, upacara adat, dan sajian kuliner khas Papua

Teluk Cendrawasih, Mengarungi Taman Nasional Terelok se Jagad

Taman nasional terluas di indonesia, sekitar 1. 453.500 hektar, memiliki lebih dari 500 spesies karang yang menjadi rumah bagi lebih lebih dari 950 jenis ikan karang, habitat hiu paus ( Rhincodon typus), ikan duyung [ Dugong dugong], napoleon wrasse,  dan penyu. Terumbu karang dengan kualitas terbaik dunia pada tahun 2006 ditemukan oleh ahli terumbu karang terdapat lebih dari 500 spesies dengan 14 spesies baru. Ditemukan juga 209 spesies ikan yakni ikan kupu-kupu, damselfish, parotfish, dan whaleshark, sementara molusca adalah triton terompet, kerang besar dan kerang kerucut.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua
Sumber:birdsheadseascape.com

Di sekitar teluk terdapat pulau purup dan selat numamurang dimana merupakan tempat terbanyak ditemukannya keanekaragaman hayati yang pernah dicatat oleh dunia. Teluk cenderawasih berada di lima wilayah dan dua provinsi, yaitu Kabupaten Teluk Wondana dan Kabupaten Manokwari di Propinsi Papua Barat dan Kabupaten Nabire, Kabupaten Yapen dan Kabupaten Waropen di Propinsi Papua. Umber kehidupan masyarakat lokal.

Taman Nasional Lorentz, Terbesar di ASEAN

Suku Asmat, sumber: indonesia-tourism.com
Suku Asmat
Sumber: indonesia-tourism.com

Merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara, dengan luas 2,4 juta hektar. Terletak di Provinsi Papua. TN Lorentz memiliki keanekaragaman hayati tinggi dan keragaman budaya. Diperkirakan kebudayaan tersebut berumur 30.000 tahun dan merupakan kediaman suku dani barat, nduga, amungme, sempan dan suku asmat. Kemungkinan juga masih ada beberapa suku kecil yang masih tradisional yang belum mengadakan hubungan dengan manusia modern. 

satwa khas Taman Nasional Lorentz, Sumber: penabiru.com
Satwa Khas Taman Nasional Lorentz, Papua 
Sumber: penabiru.com 

Berdasarkan situs Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, taman nasional lorentz masuk ke dalam 10 kabupaten di provinsi papua. Spektrum ekosistemnya bisa dikatakan lengkap, mulai dari ekosistem pesisir pantai sampai pegunungan alpen. Banyak ekosistem dan tipe vegetasi mulai dari hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan gambut, pantai pasir karang, hutan hujan lahan datar/lereng, hutan hujan pada bukit, hutan kerangas, hutan pegunungan, padang rumput, dan lumut kerak. Kawasan ini mencakup beberapa temnpat terkenal seperti gletser di puncak Jaya wijaya dan sungai lembah baliem. Ada sekitar 42 jenis mamalia yang 25 Destinasi hijau papua.

Screenshot_2020-02-06-01-21-24-726_com.google.android.youtube.jpg
Taman Nasinal Lorentz, Papua
Sumber: Foto Tangkapan Layar Chanel Youtube Balai TN Lorentz

Menjelajah Danau Terindah di Dunia, 
Danau Paniai

Terletak di Kabupaten Paniai yang berada di wilayah pegunungan dan perbukitan dengan hawa sejuk. Luas danau paniai kurang lebih 14.500 hektare. Terdapat bebatuan dan pasir di tepi danau serta dikelilingi tebing yang cukup tinggi. Ketinggian 1700 mdpl dan menyimpan berbagai jenis ikan air tawar dan udang diantaranya ikan nila, ikan mujair, ikan mas/ikan karper, ikan sembilan hitam, dan ikan belut. Ada juga ikan pelangi yang merupakan biota danau dan sering dicari oleh para nelayan karena bernilai ekonomi tinggi. 
Danau Paniai, Danau Terindah di Dunia
Danau Paniai
Sumber: (Instagram/ifon_ww)

Selain itu terdapat jenis udang endemik yang kini mungkin dikatakan sudah langka, yaitu udang selingkuh. Dinamakan demikian karena memiliki capit besar seperti kepiting. Banyak pengunjung yang datang terkadang hanya ingin mencicipi kelezatan udang selingkuh.

Resep Masak Udang Selingkuh Khas Papua - Dapur Teh Enur
Masakan Udang Selingkuh Khas Papua
Sumber:dapur-teh-enur.blogspot.com


Lembah Baliem, 
Mengenal Suku Asli Papua Lebih Dekat

Lembah di Pegunungan Jayawijaya, dengan suhu rata-rata 10-15 derajat celcius ketika malam hari. Terletak pada ketinggian 1.600 mdpl dan dikelilingi pegunungan. Betapa sejuknya bukan ketika di pagi atau siang hari. Lembah Baliem juga menjadi tempat tinggal bagi beberapa suku asli Papua seperti suku dani [hubula], suku yali, dan suku lani. 

Lembah Baliem, Papua
Sumber: acc.co.id

Salah satu yang menarik dari lembah ini adalah adanya perayaan festival yang diadakan setiap tahun tepat di bulan Agustus. Festival diadakan untuk memperkenalkan wisata Jayawijaya dan atraksi perang antar suku yang sangat epik! Acara ini sudah berlangsung selama tiga dekade. Kita juga bisa menikmati pertunjukan alat musik tradisional (pikon dan witawo), atraksi memasak tradisional (bakar batu), permainan anak (puradan dan sikoko). Penasaran banget kan?

  Festival Lembah Baliem
 Sumber: cnnindonesia.com

Alangkah bijaknya sebagai warga negara Indonesia kita patut bersyukur dengan ikut menjaga kelestarian budaya dan memelihara flora dan fauna. Tidak merusak lingkungan dengan cara yang sangat kurang bijak, seperti pada penangkapan ikan atau biota laut lainnya. selain itu upaya tersebut juga sudah dilakukan oleh beberapa organisasi sosial seperti salah satunya adalah Eco Nusa. 
Eco Nusa memiliki kegiatan sosial yakni bersih-bersih pantai,  mengkampayen pengurangan penggunaan plastik dan meyerukan ptentang perubahan iklim yang terjadi pada saat ini. Eco Nusa dengan visi kedaulatan masyarakat untuk sumber daya alam yang berkedaulatan dan berkelanjutan. Hal ini dilakukan salah satunya dengan mempromosikan pembelajaran dan praktik terbaik yang dilakukan LSM lokal dan tingkat nasional serta internasional tentang mengelola sumber daya alam.

Comments